Pecahan Kelas 4 SD Contoh Soal dan Jawaban

Selamat datang di ChafiaScience, pada postingan kali ini kita akan membahas beberapa contoh soal yang berkaitan dengan pecahan untuk kelas 4 SD. Pembahasa pertama kita akan menjawab apa itu pecahan dengan definisi yang sederhana, serta dilanjutkan dengan contoh soal.

Untuk definisi dari pecahan secara sederhana, dapat dikatakan bahwa pecahan merupakan bagian suatu bilangan (benda) terhadap suatu bilangan tertentu. Contohnya, misalkan kita memiliki 5 buah pulpen, dengan 3 pulpen berwarna biru dan 2 pulpen berwarna hitam.

Gambar 1. Lima buah Pulpen

Dari kasus ini dapat kita ketahui bahwa ada tiga pulpen berwarna biru dari lima pulpen yang ada. Dikarenakan pecahan merupakan suatu bagian bilangan dari suatu bilangan tertentu, maka dapat kita tuliskan bahwa terdapat 3/5 bagian pen biru terhadap total pulpen.

Contoh lainnya, misalkan kita kita memiliki sebuah kue, kue tersebut dibagi menjadi 8 bagian. Budi mengambil 1 potong kue tersebut, pertanyaannya berapa bagian dari kue yang diambil oleh Budi.

Gambar 2. Kue yang dipotong 8

Dari gambar 2 kita ketahui bahwa Budi mengambil 1 dari 8 kue, sehingga bentuk pecahan dari kue budi terhadap total kue yang ada adalah 1/8.

Sebuah pecahan terdiri dari pembilang dan penyebut, yang dimana pembilang merupakan bagaian dari Penyebut.

Contoh Soal Pecahan Kelas 4 SD

Nomor 1

Burhan memilik 1 batang coklat yang dipotong menjadi 10 bagian. Burhan membagikan 10 potong coklat tersebut ke 5 orang temannya, pertanyaannya berapa bagian coklat yang diterima oleh masing-masing teman Burhan?

Untuk menjawab Berapa banyak bagian yang diterima, pertama-tama kita harus ketahui terlebih dahulu berapa banyak coklat yang diterima oleh masing-masing teman burhan. Diketahui ada 10 potong coklat dan di bagikan ke 5 orang, maka masing-masing akan mendapatkan.

Nah dikarenakan 2 potong coklat maka 2 potong coklat adalah 2/10 bagian dari coklat, sehingga bagian coklat yang diterima masing-masing teman burhan adalah.

Nah dari contoh soal ini kita mengingat kembali tentang pecahan senilai, dari jawaban yang kita dapat diketahui bahwa 2/10 sama nilainya dengan 1/5

Nomor 2

Sebuah kertas karton dipotong menjadi 20 potongan, kemudian kedua potongan ini dikelompokkan berdasarkan warnanya.

Tuliskanlah bentuk pecahan dari potongan karton warna kuning terhadap keseluruhan potongan karton yang ada. Dari gambar dapat kita lihat bahwa ada 10 potongan karton berwarna kuning dan 10 potongan karton berwarna biru. Bentuk pecahan dari potongan karton kuning terhadap potongan karton dapat dituliskan sebagai 10/20.

Nah jika diperhatikan secara seksama maka kita dapat menyadari bahwa sebenarnya setengah bagian karton berwarna kuning, dengan demikian dapat dikatakan bahwa

Terdapat 1/2 karton kuning terhadap keseluruhan karton yang ada.

Nomor 3

Pada soal nomor 3 ini dituliskan empat contoh soal tentang pecahan senilai,

Iklan sedikit ya, bagi teman-teman yang kesulitan mengerjakan soal bisa konsultasi dengan ChafiaScience di link berikutya…(klik disini) atau klik di gambar

Pecahan Campuran

Sebelumnya kita telah mendefinisikan tentang pecahan murni, selanjutnya untuk materi Pecahan Kelas 4 SD kita akan sedikit membahas tentang pecahan campuran.

contoh soal

Ani membeli 3 1/2 kg beras, bentuk 3 1/2 ini merupakan bentuk pecahan campuran yang terdiri dari 3 kg beras ditambah dengan 1/2 kg bersar. Bentuk pecahan campuran ini dapat kita ubah menjadi pecahan murni dengan cara sebagai berikut.

Nah disini kita dapat mengubah bentuk pecahan campuran 3 1/2 menjadi pecahan murni 7/2. Langkah untuk mengubah pecahan ini adalah dengan mengalikan 3 dengan penyebut 2 setelah itu menjumlahkannya dengan pembilang 1, hasil dari perhitungan ini kemudian dibagi dengan penyebut 2. Cara ini selalu berlaku untuk mengubah bentuk pecahan campuran ke pecahan murni.

Salah satu kegunaan mengubah pecahan campuran ke pecahan murni adalah kita dapat dengan jelas mengoperasikan pecahan campuran yang ingin kita operasikan (penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian).

Contohnya misalkan ani membeli lagi 4 1/2 kg gula dan 2 1/2 kg ayam, berapakah total kg dari belanjaan Ani.

Jawaban: Sebelumnya ani sudah membeli 3 1/2 kg beras, maka total dari belanjaan.

Dari perhitungan dapat kita peroleh total belanjaan ani adalah 21/2 kg dalam bentuk pecahan murni. Untuk mengubah kembali pecahan ini ke pecahan campuran kita dapat langsung membagi 21 dengan 2, sehingga diperoleh,

Baca Juga: Operasi hitung perkalian dan pembagian

Nah itu saja untuk postingan Pecahan Kelas 4 SD kali ini, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung.

Jangan lupa share postingan ini ke teman-teman kalian agar kalian dapat belajar bersama.

Sampai jumpa lagi dipostingan berikutnya salam dari ChafiaScience

Penulis:

Muhammad Raditiya

Tambahan Referensi: Fraction (Wiki)

Tinggalkan komentar