Materi Pecahan Kelas 3 SD

Selamat datang di ChafiaScience. Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang materi pecahan kelas 3 SD. Pembahasan kita akan dimulai dari definisi Apa itu pecahan dan dilanjutkan dengan operasi hitung pecahan sederhana. Untuk pembahasan pertama mari kita mulai dari definisi.

Secara definisi sederhana Pecahan merupakan bagian suatu benda terhadap suatu benda tertentu, atau bagian dari suatu hal terhadap suatu hal tertentu. Sebuah pecahan terdiri dari pembilang dan penyebut yang dituliskan sebagai berikut

Contoh dari pecahan merupakan bagian suatu benda terhadap benda tertentu adalah. Misalkan Yudi memotong 1 pizza menjadi 4 potongan, jika Ridwan mengambil 1 potongan maka bagian yang diambil Ridwan adalah? (Bandingkan jika Yudi memotong pizza menjadi 8 potongan)

Nah dikarenakan sekarang ada 4 potong pizza dan Ridwan mengambil 1 potong, maka bagian dari pizza yang diperoleh Ridwan adalah 1/4 bagian pizza.

Nah pada kasus berikutnya si Yudi memotong Pizza menjadi 8 potongan, dan Ridwan mengambil 1 potong pizza, maka dapat kita lihat bahwa potongan pizza yang diperoleh Ridwan kali ini adalah 1/8 bagian.

Dari contoh soal ini dapat kita lihat bahwa saat kita membagi pizza menjadi bagian yang lebih kecil maka satu bagian yang kita dapat dari potongan tersebut akan menjadi lebih kecil.

Sehingga dari soal yang kita kerjakan kita ketahui bahwa 1/4 lebih besar dari 1/8.

Contoh Soal Pecahan Kelas 3 SD

Untuk pembahasan pecahan kelas 3 SD selanjutnya kita akan mengerjakan beberapa contoh soal mencari bentuk pecahan. Ada 4 soal yang telah dikerjakan, mari kita mula dari nomor 1.

Nomor 1

Tentukan bentuk pecahan dari daerah yang diarsir.

Ada enam persegi dan satu daerah diarsir maka bentuk pecahan daerah diarsir/jumlah persegi adalah 1/6.

Nomor 2

Tentukan bentuk pecahan dari daerah yang diarsir.

Ada enam persegi dan dua daerah diarsir maka bentuk pecahan daerah diarsir/jumlah persegi adalah 2/6.

Nomor 3

Tentukan Bentuk pecahan daerah yang diarsir.

Ada 9 persegi dan 1 persegi diarsir maka bentuk pecahan dari daerah yang diarsir adalah 1/9.

Nomor 4

Tentukan Bentuk pecahan daerah yang diarsir.

Ada 9 persegi dan 3 persegi diarsir, maka pecahan dari daerah yang diarsir adalah 3/9.

Baca Juga : Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Kelas 3 SD

Operasi Hitung Pecahan

Pada bagian ini kita akan melakukan operasi hitung dari bentuk pecahan yang sederhana dan jenisnya sama. Agar lebih mudah dipahami maka akan disertakan gambar pada operasi hitung yang dilakukan.

Nomor 1

Pada soal pertama kita diminta untuk menjumlah 2/9 dengan 1/9. Nah jika digambarkan pecahan sebagai daerah yang diarsir untuk pecahan 2/9 pada awalnya hanya memiliki 2 daerah yang diarsir, namun ketika kita tambahkan 1/9 maka maksudnya adalah kita diminta untuk mengarsir 1 lagi persegi yang ada sehingga sekarang terdapat 3 arsiran dari 9 persegi.

Jadi hasil dari 2/9+1/9 adalah 3/9.

Nomor 2

Untuk nomor kedua cara pengerjaannya mirip dengan nomor pertama, kita hanya perlu menambah arsiran dari yang awalnya ada 4 arsiran ditambah 2 arsiran. Sehingga jumlah arsiran yang ada adalah 6 arsiran.

Jadi 4/2 + 2/9 = 6/9

Nomor 3

Pada soal ketiga 4 arsiran dikurangi 1 arsiran sehingga didapatkan 3 arsiran dari 9 persegi.

Bagiklah mungkin itu saja untuk postingan Pecahan Kelas 3 SD kali ini, semoga postingannya bermanfaat. Oh ya jangan lupa share postingan ini ke teman-tema kalian, biar bisa belajar bareng.

Terima kasih sudah bekunjung. Sampai jumpa lagi pada postingan berikutnya.

Salam dari ChafiaSCIENCE

Penulis:

Muhammad Raditiya

Referensi tambahan: Pecahan (Wiki)

Tinggalkan komentar