KPK dan FPB Kelas 4 SD contoh soal dan jawaban

Assalamua’laikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Selamat datang di Chafia Science. Pada postingan kali ini kita akan membahas beberapa contoh soal yang berkaitan mencari KPK dan FPB matematika kelas 4 SD. Ada 4 Soal yang akan kita bahas, namun sebelum masuk ke soal ada baiknya kita mengingat kembali tentang apa itu KPK dan FPB.

Menurut definisinya KPK (kelipatan persekutuan terkecil) adalah nilai terkecil dari kelipatan dua bilangan atau lebih. Contohnya: Misalkan kita mengetahui bentuk kelipatan dari 8 dan 16.

Dari kelipatan diatas dapat kita lihat ternyata dari kelipatan 8 dan kelipatan 16 ada bilangan yang nilainya sama. Bilangan yang nilainya sama adalah 16 dan 32, kedua bilangan ini dinamakan Faktor persekutuan.

Nah, jika kita ingat kembali KPK merupakan kelipatan persekutuan terkecil, jadi untuk mengetahui KPK kita harus memilih nilai yang terkecil. Diketahui 16 lebih kecil nilainya jika dibandingakn dengan 32, sehingga KPK dari 8 dan 16 adalah 16.

Menurut definisinya FPB (faktor persekutuan terbesar) merupakan faktor terbesar yang nilainya sama dari dua bilangan atau lebih. Perlu diingat pada FPB kita berbicara tentang faktor, yang dimana faktor merupakan bilangan yang dapat membagi habis sebuah bilangan. Sedangkan KPK merupkan kelipatan yang muncul saat kita mengalikan bilangan yang kita tinjau dengan bilangan asal. Jadi KPK dan FPB itu berbeda ya.

Contoh FPB: Misalkan kita ingin mengetahui FPB dari 30 dan 50. Pertama-tama kita tuliskan terlebih dahulu Faktor-faktornya.

Dari faktor 30 dan 50 dapat kita lihat ternyata ada 4 nilai yang sama, keempat nilai tersebut adalah 1, 2, 5, dan 10. Jika kita ingat kembali bahwa FPB mencari faktor terbesar, maka dari ketiga bilangan 10 adalah nilai terbesar.

Sehingga FPB dari 30 dan 50 adalah 10.

Mencari KPK dan FPB dengan Pohon Faktor

Pencarian KPK dan FPB bisa lebih mudah dengan menggunakan pohon faktor. Pada pohon faktor bilangan yang ditinjau ditulis kembali menjadi bentuk perkalian bilangan prima. Dengan aturan:

  • Saat mencari KPK kalikan semua hasil dari bentuk perkalian bilangan prima
  • Saat mencari KPK jika ada perkalian yang sama kita menggunakan pangkat terbesar dari bilangan
  • Saat mecari FPB kalikan bilangan perima yang sama saja.
  • Saat mencari FPB jika ada perkalian yang sama kita menggunakan pangkat terkecil dari bilangan

Untuk lebih memahaminya mari kita simak contoh soal berikut.

Misalkan kita ingin mencari KPK dan FPB dari 30 dan 50. Untuk mencari KPK dan FPB, pertama-tama mari kita tuliskan pohon faktor dari 30 dan 50

Nah dari pohon faktor kita dapatkan bentuk perkalian bilangan prima, 30 = 2 x 3 x 5 dan 50 = 2 x 5^2. Saat mencari KPK kita menggunakan perkalian dari ( 2 x 3 x 5 ) dengan ( 2 x 5^2), nah pada perkalian ini ada perkalian 5 dan 5^2. Ingat pada kpk kita menggunakan pangkat tertinggi sehingga,

KPK = 2 x 3 x 5^2 = 150

Untuk mencari FPB kita cari dari dua bilangan yang perkaliannya sama, 30 = 2 x 3 x 5; 50 = 2 x 5^2. Jika kita perhatikan ada 2 dan 5 pada masing-masing perkalian, dengan mengingat jika mencari FPB kita menggunakan pangkat terkecil maka.

FPB = 2 x 5 = 10

Sehingga KPK dan FPB dari 30 dan 50 adalah,

Baiklah Itu untuk perkenalan tentang mencari KPK dan FPB menggunakan pohong Faktor.

Selanjutnya kita akan mengerjakan 4 contoh soal KPK dan FPB.

Contoh Soal

Nomor 1

Tentukan KPK dan FPB dari 20 dan 35 menggunakan Pohon Faktor.

Jawaban:

Nomor 2

Tentukan KPK dan FPB dari 45 dan 35 dengan pohon faktor

Jawaban:

Nomor 3

Tentukan KPK dan FPB dari 16 dan 18 menggunakan pohon faktor

Jawaban:

Nomor 4

Tentukan KPK dan FPB dari 20, 35, dan 40.

Jawaban:

Baiklah itu saja untuk postingan KPK dan FPB Kelas 4 SD kali ini. Semoga contoh soal yang dibahas bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung, sampai jumpa lagi dipostingan berikutnya.

salam dari ChafiaSCIENCE

Penulis:

Muhammad Raditiya

Daftar Pustaka:

Hobri dkk.2018.Senang Belajar Matematika.Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Kusnandar, Achmad dkk.2009.Matematika Untuk SD/MI Kelas 4.Departemen Pendidikan Nasional (Kemendikbud)

Saepudin, Aep dkk.2009.Gemar Belajar Matematika untuk Siswa SD/MI Kelas IV.Departemen Pendidikan Nasional (Kemendikbud)

Sumber Soal Penelusuran Google.

Tinggalkan komentar