Contoh Soal Membandingkan Pecahan Sederhana MTK Kelas 3 SD

Selamat datang di Chafia Science, pada postingan kali ini kita akan membahas dua contoh soal cerita tentang membandingkan pecahan sederhana. Dalam pengerjaan contoh soal ini akan kita gunakan tiga cara membandingkan pertama kita gunakan perbandingan dengan gambar, kedua perbandingan pecahan dengan garis bilangan, dan yang terakhir membandingkan pecahan dengan cara perkalian.

Namun sebelum mengerjakan contoh soal ada baiknya kita mengingat kembali tanda:
> “Lebih dari”

< “Kurang dari”

Nah untuk pembahasan pertama, mari kita mulai membandingkan pecahan dengan menggunakan gambar.

A. Membandingkan Pecahan dengan Gambar

Nomor 1

Rudi dan Andi menerima potongan coklat dari nenek. Rudi mendapat 3/5 potong coklat dan Andi mendapat 1/5 potong coklat. Pertanyaannya siapakah yang mendapat potongan coklat lebih banyak?

Jawaban:

Mari kita gambarkan Bentuk pecahan arsiran yang dimiliki oleh Rudi dan Andi.

Dari gambar dapat kita lihat bahwa Rudi mendapat 3 Potongan dari 5 potong coklat, sedangkan Andi mendapat 1 pototongan dari 5 potong coklat. Sehingga kita ketahui bahwa coklat Rudi lebih banyak daripada coklat Andi.

Nomor 2

Bu Tika memberikan potongan kue kepada Rafa dan Aisya. Rafa mendapat 4/8 potongan kue dan Aisya mendapat 2/8 potongan kue. Pertayaannya siapakah yang mendapat potongan kue lebih banyak?

Jawaban:

Dari gambar dapat kita lihat bahwa Rafa mendapat 4 potongan kue dari delapan potong kue, sedangkan Aisya mendapat 2 potong kue dari delapan potong kue. Dengan demikian kita ketahui bahwa Rafa mendapat potongan kue yang lebih banyak dari Aisya.

B. Membandingkan Pecahan dengan Garis Bilangan

Untuk pembahasan selanjutnya kita akan membandingkan pecahan dari dua contoh sebelumnya menggunakan garis bilangan.

Nomor 1

Pada soal pertama Rudi dan Andi masing-masing mendapat 3/5 dan 1/5 bagian coklat. Nah untuk mengetahui pecahan mana yang lebih besar mari kita gambarkan garis bilangannya.

Kita memiliki garis bilangan yang bertambah 1/5 setiap langkahnya. Dari garis bilangan dapat kita lihat bahwa nilai pecahan Andi berada disebelah kiri dan Nilai pecahan Rudi ada disebelah kanan.

Ingat Kembali bahwa semakin ke kanan nilai dari suatu bilangan akan semakin besar, sehingga dari garis bilangan dapat diketahui bahwa nilai 3/5 > 1/5.

Nomor 2

Pada nomor 2 kita ingat kembali bahwa Bu Tika memberi 4/8 potong kue ke Rafa dan 2/8 potong kue ke Aisya. Untuk mengetahui siapa yang mendapatpotongan kue yang lebih banyak kita dapat gunakan garis bilangan.

Dari garis bilangan dapat kita lihat bahwa 4/8 > 2/8, Sehingga dapat diketahui bahwa Rafa mendapat potongan kue lebih banyak dari Aisya.

C. Membandingkan Pecahan dengan Perkalian Silang

Nomor 1

Masih soal yang sama tentang Rudi dan Andi. Pada soal kali ini akan kita gunakan perkalian silang untuk menentukan pecahan mana yang lebih besar.

Nah dari perkalian silang kita ketahui bahwa 3/5 > 1/5.

Nomor 2

Pada nomor 2 kita ingat kembali bahwa Bu Tika memberi 4/8 potong kue ke Rafa dan 2/8 potong kue ke Aisya. Untuk menentukan pecahan mana yang lebih besar antara 4/8 dan 2/8 kita gunakan perkalian silang.

Dari perkalian silang diketahui bahwa 4/8 lebih besar dari 2/8.

Baiklah itu saja untuk postingan kali ini, semoga postingan kali ini bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung, sampai jumpa lagi pada postingan berikutnya.

Salam dari Chafia Science

Penulis:

Muhammad Raditiya

Tinggalkan komentar